Laman

Minggu, 19 September 2010

Taqwa dan Ahlaq Sebagai Pilar Peradaban Utama

Malang - Sholat Idul Fitri 1431 H dirayakan secara suka cita oleh kaum muslimin di berbagai tempat di tanah air. Di Kampus Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Malang, Jum’at (10/09) pelaksanaannya dipusatkan di lapangan helipad kampus Unmuh Malang dengan khotib, Prof. Dr. H. Thobroni.
Thobrani dalam ceramahnya mengulas topik “mutiara-mutiara taqwa sebagai pilar peradaban utama”. Menurutnya idul fitri merupakan wahana membebaskan diri dari belenggu-belenggu menuju ketaqwaan. Disamping itu, manusia yang puasa dan melaksanakan idul fitri diharapkan dapat menundukkan egonya menuju terciptanya solidaritas sosial umat manusia.
“Idul fitri bagi bangsa Indonesia bukan hanya berlebaran an sich, tapi merupakan drama sosial tahunan yang dirasakan dengan suka cita oleh umat Islam. Karenanya, dalam masyarakat Islam seluruh daya dan potensi dikerahkan untuk dapat merayakan idul fitri dengan baik. Dengan demikian, idul fitri menjadi pilar bagi tumbuhnya integrasi sosial“ papar Guru Besar Fakultas Agama Islam Unmuh Malang ini.
Puasa dan idul fitri akhirnya menjadi wahana untuk membangun ketaqwaan sebagai pilar peradaban utama. Taqwa adalah puncak piramida kemanusiaan, yaitu muttaqin.  Seorang yang mencapai peringkat taqwa ialah mereka yang memperoleh pencerahan batin dan kebaikan ahlaq yang ditandai dengan tumbuhnya nilai-nilai kebenaran, keadilan, kejujuran, kesucian dan empati sosial (tanggung jawab).

Tidak ada komentar:

Cari Disini